Jumat, 18 September 2015

BELAJAR / TUTORIAL SERVICE WATER HEATER GAS LOW PRESSURE DAN HIGH PRESSURE SENDIRI


Kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu service water heater gas yang sering terjadi dan spare part water heater gas apa saja yang perlu di beli silahkan simak...

Tidak ada percikan api. 

  1. Ganti battery 1,5V 2 buah.
  2. Check tekanan air, mungkin pompa sudah mulai lemah. Coba dengan pompa cadangan lain.
  3. Aliran air tersumbat, pada pipa masuk sebelum ke WH terdapat saringan air, bersihkan saringan ini, jika masih belum bisa juga lepaskan saringan.
  4. Kontroler pulse igniter mati, jika batery sudah baru, tekanan pipa OK, tetapi tetap tidak ada percikan api berarti kontroler pulse igniter mati. 

    kontroler pulse igniter
     Untuk memastikan pulse igniter ini yang mati, coba lepaskan switch air / micro swict / easy swict
     micro swict
     switch air / micro swict / easy swict
    dan gerakkan dengan tangan, jika bisa menyala maka tekanan air yang kurang kuat, namun jika tetap mati berarti kontroler mati.
Ada percikan api tetapi api tidak menyala
  1. Check gas LPG, kemungkinan sudah habis.
  2. Chek juga regulator sering terjadi valvenya nutup ( semacam gotri kecil )
  3. Apakah ada bunyi “cetek” setelah percikan api? Jika tidak bunyi magnetik valve mungkin sudah lemah. Ketok dengan obeng atau palu. Jika tetap tidak bisa ganti.
    http://dnsteknik.blogspot.co.id/2015/05/supliyer-spare-part-water-heater-instan.html
    selenoid valve
  4. Apakah ada sumbatan pada saluran gas, tiup selang gas dengan kompresor, dengan melepas magnetic valve / selenoid valve terlebih dahulu. Sekalian bersihkan magnetic valve / selenoid valve dengan bensin agar kerak hilang.

water heater gas api menyala hidup terus mati
  1. cek termostat berbentuk jenkolan berkaki 2, untuk memastikan shootkan kedua kakinya. hidupkan kembali jika api menyala normal dan stanby berarti termostat rusak.
  2. jika langkah pertama sudah dilakukan dan masih sama apinya hidup mati...bisa dipastikan SCR yang berada di dalam kontroler pulse igniter rusak. solusinya ganti baru.

Pompa air tidak nyala padahal kran sudah dibuka
  1. Pressure switch aliran air ngadat. Ketok dengan obeng, jika masih belum bisa buka dan stel dengan obeng positif. Turunkan tekanan bukanya (kendorkan baut).
  2. Pompa air mati, putar bagian belakang pompa dengan obeng positif. (pada bagian tengah-tengah kipas, terdapat baut positif, silahkan putar-putar agar motor tidak macet). Jika tetap tidak mau menyala, berarti pompa mati, silahkan service ditukang pompa.
untuk penjelasan kerusakan dan cara pemasangan spare part yang Anda beli dari DNS TEKNIK bergaransi dan akan selalu dipandu dalam pemasanganya sampe unit water heater anda normal kembali.TERIMA KASIH.

"sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain." 
KONSULTASI KERUSAKAN GRATIS DAN RESPON CEPAT
BBM
7d2d1f1b

CALL/SMS

024 70542124

089 8655 9266

107 komentar:

  1. Daerah salatiga di mn ya beli spare part nya

    BalasHapus
  2. Daerah salatiga di mn ya beli spare part nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung kirim az gan murah silahkan w.a az

      Hapus
    2. Wa sy pak.sy Salatiga,punya part nya 085740592183

      Hapus
  3. bgmn cara memasang MAGNET SWICT REFIL WATER HEATER LOW PRESSURE, apakah harus membuka yg rysak dlu?, disolder dg bagian mana yaaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ad socket yg bisa di lepas pk,,,gk perlu bongkar tinggal lepas dn ganti

      Hapus
    2. Ad socket yg bisa di lepas pk,,,gk perlu bongkar tinggal lepas dn ganti

      Hapus
    3. Tinggal potong dan sambung az gan

      Hapus
    4. Apakah bisa sambung langsung di sensor magnetic switch nya ?

      Hapus
  4. sy salah memasukkan, pipa air masuk ke inlet gas. stlh sy tahu, saya perbaiki sesuai buku panduannya, tekanan air bagus, ttp tdk bs memantik air, bunyi cetek2 tapi tidak bisa memantik api, mungkin gara2 saluran gas dikasih air. bgmn cara memperbaikinya ya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersihkan dahulu selenoid valve nya gan.kali kena air jadi karat az

      Hapus
  5. Mohon tanya gan. Wh saya kok nggak bisa nekan pembuka gas pemantik bagus tapi gasnya nggak ngalir kenapa ya. Trim sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batre mau abis gan ganti az...kalo dah diganti masih gak buka bisa jadi tekanan dalam selang gas lagi tinggi, buka az klem regulator pasang lagi.

      Hapus
    2. Saya sdh 2 kali ganti tabung 3 kg terus yg ke tiga kali nya kok malah gk bs nyala padahal cipratan api dn putaran pompa mash normal,apa masalh nya waterhiter merk niko wrn hitam, trm ksh

      Hapus
    3. Bang smua udh ok,tp gnti baterai baru Bru nyala trus mati lagi,trus d buka lg baterainya nyala..knp yah bang water heater modena

      Hapus
  6. Siang pak, saya baru saja beli water heater merk niko warna putih motif bunga pink. Instalasi sudah fix semua, namun keluaran air panas nya kok kecil ya pak. Apa memang water heater itu output air nya kecil. Padahal input nya besar, langsung dari tandon.

    BalasHapus
  7. Siang pak, saya baru saja beli water heater merk niko warna putih motif bunga pink. Instalasi sudah fix semua, namun keluaran air panas nya kok kecil ya pak. Apa memang water heater itu output air nya kecil. Padahal input nya besar, langsung dari tandon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua water heater pasti ad hambatan didalam unitnya sehingga antar input dan output beda hasil. Apalagi bapak pakai tandon yg kemungkinan hanya besar volume airnya tp tidak nekan airnya. Jd mau kenceng dah pasti pompa..makasih

      Hapus
  8. Gan mau tanya, saya baru beli 2bulan WH Niko Hitam yg ada led suhunya. 2hari lalu pas mau mandi kok g nyala apinya. Pas dinyalakan kran air, WH hanya bunyi "tek tek tek tek" gtu aja. Batre Ok, gas baru beli jg. Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  9. Cek valve regulator nutup...lepas selang gas dulu pasang lagi.ketuk regulatornya nyalakan udah insyAllah nyala...

    BalasHapus
  10. gan tanya WH merk niko klo sy nyalakan cuma bunyi tek tek tek gak bisa nyala . sy cek air normal (pernah tak coba langsung pompa), baterai baru, gas baru, regulator baru, bahkan kemarin beli WH baru merk Kick On tak kira yg lama rusak, ternyata juga sama gak bisa nyala kasusnya sama. pernah buka gotri (valve regulator) pada regulator nutup, tp pas sy tusuk pakai jarum gas bisa keluar, mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti regulator yg kisaran harga 50rb az gan. Recomended mls atau winn

      Hapus
  11. berapa harga magnetic valve sampai bandung kabupaten

    BalasHapus
  12. Saya pakai WH Niko. Waktu habis mandi jetika kran ditutup kok airnya nyala sendiri. Dicek di pengapian ada apinya. Aoa gasnya masih ngalir pas jran air sdh dimatikan? Apanya yg mesti saya cek krn regulator gas diganti nasih seperti itu.
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permasalahan terletak pada pelormagnet yg ada didalam input air.coba dibersihkan az...kemungkinan juga pada magnet swict semacam cincin gelang warna itam di pipa input air

      Hapus
  13. Pak saya pake paloma yg made in japan. Ternyata kalo kran shower sy taruh tengah agar aircjadi hangat kuku, kompornya mati. Alias tekanan tidak kuat. Lagian sy pake tandon atas tinggi 6m. Kekuatan turunnya tdk pake pompa. Apa bisa paloma diakal supaya jadi low preassure?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paloma tdk bisa.sistem mekanik beda.jd rekomended tetep pake pompa.

      Hapus
  14. Mau tanya, sy baru beli water heater paloma sekitar 2 minggu. Tp kok air yang keluar panas sebentear terus jadi dingin lagi ya? Seperti itu terus dalam 2 minggu. Bagaimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tekanan air kurang stabil... jk sudah menggunakan pompa masih sama. Silahkan klem garansi ke service center cz thermokople mengalami gangguan.

      Hapus
  15. Kalau kasusnya seperti ini:
    Setelah kran sumber air ditutup, air berhenti sebentar tetapi langsung nyemprot lagi dan suhunya panas sekali dan cenderung mendesis (seperti mengeluarkan uap). Saya matikan saklar utk ke baterai, kecilkan tombol gas dan keluarkan baterai dari soketnya lalu saya buka kran sampai suhu air dingin. Hal ini terjadi berkali-kali. Kira-kira apa penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama di coba setelah pemakaian dilihat didalam unit apakah masih ada api yg menyala.kalo ya kemungkinan magnet switch rusak atau pelor magnet di input air kotor atau karat. Silahkan dibersihkan saja.
      Jika otomatis berjalan normal berarti kemungkinan setelah pemakaian kepala shower masuk didalam air sehingga membuat tekanan uap panas terperangkap...coba az shower jgn sampai terbenam air.

      Hapus
  16. Saya mengalami kasus yang cukup menakutkan. Ketika kran sumber air sudah dimatikan, air berhenti sebentar tetapi tiba-tiba menyemprot sendiri dengan suhu yang panas (mendesis dan keluar uanp dari shower). Saya matikan saklar baterai, keluarkan baterai dan melepaskan regulator gas. Setelah itu, saya keluarkan air dengan memutar kran dan dibiarkan sampai dingin. Dilain waktu saya pakai lagi, water heaternya seperti normal lagi tetapi bila agak lama pemakaiannya, hal diatas terulang lagi sampai berkali-kali dan akhirnya takut untuk menggunakan water heater. Kira-kira masalahnya ada dimana? Water heater saya merk NIKO 6L. (Pertanyaan ini diulang supaya lebih jelas). Terimakasih.

    BalasHapus
  17. Saya baru pasang Gas Water Heater merk Wasser WH 506A.Semua sdh terpasang dan air hangat juga mengalir. Namun krn saya pakai kran mixer saya disarankan untuk memutar tombol pengatur panas ke arah kiri yg bergambar dua api. Berkali2 saya putar ke kiri koq dia tetap kembali ke kanan dan menunjuk simbol satu api yg digunakan untuk kran tunggal. Mohon penjelasannya. Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ad kerusakan di knop putar.jk masih garansi silahkan diklaim kan.makasih

      Hapus
  18. percikan api nyala,magnet valve normal bunyi cetak tapi egk mau nyala. spuyer gas saya cek bagus. semua sudah saya buka normal semua tidak ada yg berkarat. gmana yah pak.? tapi beberapa kali saya coba mati nyala - mati nyala selama truss selama 5menit bisa nyala api. bingung saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Regulator udah mulai rusak.atau regulator tidak cocok.menyebabkan tekanan tinggi didin selang. Atau batree dah abis. Silahkan ganti batre dulu.

      Hapus
  19. Saya mau service water heater di area salatiga,gmn ya? Ada c.p nya ga?

    BalasHapus
  20. Sy pke wh frisone udh 3.5taun.kmrn dinyalakan agak susah,pas nyala ada api nyamberkeluar dr kotaknya spt gas bocor.sebaiknya yg di cek bagian apanya?trims

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Gan mau tanya saya pake WH rinai low presure tpi ketika di nyalain selalu terjadi dulu ledakan api bunyi "duggh" keras sekali tpi setelah terjadi gitu WH biasa berjalan normal kira kira knpa dan ap penyebabnya

    BalasHapus
  23. mz tanya wh modena gas dan batere baru, tekanan air cukup. tidak ada bunyi tek..tek..
    di solenoid juga tidak terdengar bunyi "tik" ketika keran air di buka, kira kira di mana masalahnya

    BalasHapus
  24. Mas mau tanya untuk pmanas air rinnai kalau dihidupkan pada posisi low temperatur nggak mau hidup knapa ya..mati setelah bunyi pematik berhenti .tapi kalau dihidupkan pada high tempetatur lancar2 saja...tapi air terlalu panas nggak kuat untuk mandi....terima kasih

    BalasHapus
  25. Tanya mas,api yg keluar dri heater tdk rata,semacam ada 1 titik yg api nya terlalu besar sampai akhir nya membakar ujung kiri box heater nya dan keluar asap hitam, itu kenapa ya?trus cara perbaiki nya gmna?trima ksh...

    BalasHapus
  26. Bos mau tanya yang jual igniter swit wh di Jogja dimana ya

    BalasHapus
  27. Suhu mau tanya,saya baru beli n batrai baru tp ko g mau nyala y,padahal instalasinya sudah benar. Apa ada yg kurang instalasinya?minta petunjuk suhu

    BalasHapus
  28. Gimana cara bersihkan selenoid valve

    BalasHapus
  29. Sangat membantu gan.. terima kasih

    BalasHapus
  30. Sy baru beli merk warsher tp panas yg keluar tdk hangat tp panas sampai badan tdk tahan, gimana nyetelnya spt hangat kuku

    BalasHapus
  31. bang mohon masukannya, pompa wh, dan Wh yang rekomended apa ya bang, karena dirumah pakai pompa otomatis shimitsu, Waterheater gas rinnai,sama keran mixer tanam merk grohe pas keluar airnya anget bang, kayaknya debit airnya terlalu kuat, jadi blm sempat panas di Whnya, solusinya gimana ya bang ?

    BalasHapus
  32. Bisanya berapa bulan sekali batre water heaternya d ganti?

    BalasHapus
  33. Mohon bantuannya Pak,
    WH saya merk wasser, sekarang WH saya bisa nyala tp hanya sekitar 5 detik saja.
    Ketika kran dinyalakan pematik nyala, api nyala tp pematik tetap cetek2, 5 detik kemudian api mati diikuti pematik mati (tidak cetek2 lagi).
    Kira2 apanya ya pak?
    Terima kasih

    BalasHapus
  34. Pak saya mau tanya water hiter gas punya saya kok pematiknya ketika saklar di hidupkan nyala ada suara cetek cetek.
    Tapi setelah di aliri air kok gak mau nyala ya? Kira kira apanya ya pak?
    Mohon solusinya

    BalasHapus
  35. wh MODENA, pakai pompa. ketika air mengalir sudah ada percikan lighter dan bunyi cethek..
    Akan tetapi gas tidak menyala sama seklai. Regulator dan selang udah ganti beberapa biji sama saja. mohon pencerehan pak apanya ayng rusak

    BalasHapus
  36. Untuk Pemanas Air Merek Washer WH-506 A punya saya saat dinyalakan ada percikan api dan bekerja layaknya normal tetapi cuma sekitar 10 detik aja api sudah padam dan air yang keluar juga belum panas...awalnya bagus tetapi sudah 3 tahun ini air tidak panas sama sekali

    BalasHapus
  37. Water heater gas rinnai, api nyala, air lancar, tapi panasnya gak maksimal. Hanya hangat aaja, padalah semua kenop pengaturan air, temperatur dan gas sudah full.

    Gimana cara perbaikanna spy panasnya bisa maksimal ?

    BalasHapus
  38. Panas water heater ga stabil alias cuma beberapa detik panasnya setelah kran dibuka udah gitu dingin lagi. Kira2 apanya yah

    BalasHapus
  39. Gan mau tanya saya pake WH rinai low presure tpi ketika di nyalain selalu terjadi dulu ledakan api bunyi "duggh" keras sekali tpi setelah terjadi gitu WH biasa berjalan normal kira kira knpa dan ap penyebabnya

    BalasHapus
  40. Gan mau tanya api WH supaya tidak merah gmna cara perbaikannya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  41. Gan mau nanya nih..
    saya baru beli WH wasser 506A, mengganti WH yang lama. Instalasi sudah oke, sumber air dari tandon 6m. masalahnya air hangat baru keluar sebentar saja cepat panasnya dan api langsung mati.... jadi dingin lagi....
    mohon petunjuk....!.
    Trimakasih.

    BalasHapus
  42. Gan tanya donk..
    saya punya water heater gas rinnai, tapi klo debit air nya di besarkan, pemantik tidak mau nyala..
    Pemantik baru bisa nyala, apabila posisi debit air cuma 40% sehingga air yang keluar melalui shower menjadi kecil...
    mohon bantuan Gan.. terima kasih..

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. gan tanya donk,WH modena GI-6 , lama ga dipakai ,skg mau dipakai,air dah kencang pakai pompa,keluar kecil,pematik dan gas tidak nyala,kira2 apa yg rusak dan diganti ? terima kasih

    BalasHapus
  45. Mau tanya, kalau pemanas pemantik menyala terus saat air mengalir dan baru beberapa detik mati pemanasnya kenapa ya ?

    BalasHapus
  46. saya baru beli niko, bagaimana mengecilkan temperatur 42 derajat, padahal setelan sdh di minimal semua

    BalasHapus
  47. Om, WH merk bellano saya sudah 2 minggu tidak digunakan krn gas habis. Pas saya ganti gas baru dan baterai baru, cuma punya tek-tek tapi tidak ada api biru seperti biasa, padahal indikator suhu naik ke 27, 28, 29 terakhir 30 trs mati namun air tetap keluar. Itu kenapa ya om... Mohon petunjuk om...

    BalasHapus
  48. Pak saya pakai wh merk domo, magnetic swith rusak, saya buktikan dg dioper dr wh lain, memang mati, lalu saya beli baru(asli dr sc resmi),dipasang di wh lain bisa, tp di wh domo saya tidak bisa,magnetic swith dr wh lain yg masih fungsi,saya oper ke wh domo saya juga tidak bisa. lalu wh saya coba manual pake saklar, bisa. Apa masalahnya pak? Trimaksih.

    BalasHapus
  49. Mohon penjelasannya saya pame WH wasser setiap 1 bulan sekali harus di ganti valve selenoidnya sudah 3kali ganti valve selenoid. Apa penyebab dari matinya valve selenoid. Terimakasih

    BalasHapus
  50. Suhu tanya dong,wh saya rinnai pemantik nyala,ada bunyi cetek dari selenoid valve tapi kok gak mau nyala ya.regulator dah ganti baru.dah coba digetok pakai obeng tetep gak buka gas (gak bau gas).bagaimana juga cara ngetes selenoid valve?pernah baut selenoid dikendorin baru bau
    gasnya.trims

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. Mas mau tanya, saya pake WH modena, baru saya pake semalam, besoknya air buntu atau tidak keluar air, saya coba lepas selang pada saluran water out, dan memang air ngga keluar sama sekali, itu sebabnya apa ya mas, info tambahan, air input normal, pompa air menyala normal...mohon pencerahannya

    BalasHapus
  53. Ada magnetic swith nya apa gak

    BalasHapus
  54. Kontroler pulse igniter itu yg mana ya pak ? Bisa kasih gambarnya ?

    BalasHapus
  55. Pa minta pencerahan ya.. Saya bli merk niko setelah saya pasang smua bagus... Tapi air panas yg keluar min 50derajat celcius... Padahal pengaturan suhu sudah minimal... Bagaimana cara menurunkan suhunya

    BalasHapus
  56. Mohon pencerahannya, sy ada problem water heater saat kran air dibuka api langsung ntala, tp hanya sekitar 10 detik setelag itu api mati. Kalo kran air sy tutup dulu lalu sy buka lg hasilnya sama dgn yg awal td. Kira kira apa masalahnya? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spesialis sales & servis water heater gas segala merk daerah barlingmacakeb ...
      Hp : 0816967877
      Wa : 081210897577

      Hapus
  57. Jasa servis water heater gas wilayah barlingmascakeb , bergaransi,
    Hp 0816967877
    Wa 081210897577
    Tks... Wassalam

    BalasHapus
  58. Boss mau nanya Heater Merk Wasser api hidup tapi sering mati sendiri, dan api nyalanya merah sehingga dalam kondisi normal tidak panas

    BalasHapus
  59. Mau tanya...pemanas air tmt saya kenapa tidak bisa nyala secara otomatis, harus menyalakan on off nya dulu baru bisa keluar apinya. Terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
  60. PALOMA SAYA UNTUK MENGHIDUPKAN KADANG CUKUP DENGAN MEMBUKA KRAN AIR SUDAH NYALA. KADANG HARUS MENEKAN TOMBOL VOLUME DULU BARU NYALA. SAYA TANYA PALOMA TEMAN KOK CUKUP DENGAN MEMBUKA KRAN SUDAH NYALA. ADA APA DENGAN PALOMA SAYA? TERIMA KASIH.

    BalasHapus
  61. Ijin konsultasi...
    Sy pake WH Wasser sdh sekitar 3th menggunakan BB Gas. Saat ini sdg bermasalah api tdk mau menyala.
    Padahal isi gas di amper tabung masih isi setengah tabung, tekaman air masuk cukup karena sy pake pompa, baterre pemantik baru diganti. Setiap kali dibuka kran panas hanya bunyi "cethek" sekali saja dan api tdk menyala... mohon info diagnosanya kenapa ya...? Terimakasih atas infonya.
    Salam...
    Sudjudi-Mataram NTB.

    BalasHapus
  62. Bos mau taya saya punya pemanas aor dari wasssor pemetik apinya bisa bunyi tek tek tek tek tapi apinya kecil sudah ganti batre baru tetap kecil dan tidak mau nyala dibantu menyalan dengan mancis bisa nyala. Kenapa ya. Trim

    BalasHapus
  63. gan mau tanya saya habis beli merk niko setelah k pakai 3 hari tiba2 hari k 4 heater tidak mau nyala, trus nyoba saya ganti baterai baru, gas lpg baru, tekanan api normal, gas kluar normal... kran air saya nyalakan bunyi "tek tek" tp api tidak nyala, trus kontrol led d bawah mati.. kira2 apa penyebabnya y gan??? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  64. Pagi Gan, mo nanya heater punya saya ada masalah ga keluar api, batre dah ganti, terus switch magnet juga baru, tapi kalo saya jamper di shoced lampu indikator nyala, pemantik juga nyala kira2 apa penyebabnya ya gan???? Makasih

    BalasHapus
  65. Pagi Gan, WH Rinnai REU-5CFB, bocor ( ada tetesan air dingin ). Mohon solusinya. Trims.

    BalasHapus
  66. Mau nanya gan kenapa suhu pada water heater naik sampai 90

    BalasHapus
  67. Punya unit water heater paloma yg gas tapi LNG mau di ganti ke gas LPG apa bisa ?

    BalasHapus
  68. Saya tehnisi water heater gas yang sudah berpengalaman. Juga menjual water heater gas merk Niko dengan garansi 3 tahun ( rusak diganti baru bila tidak dapat diperbaiki ). Menerima perbaikan bergaransi dan informasi perawatan pasca perbaikan / penjualan. Hubungi : HP / WA 081391394672. Alamat : Jalan Soponyono RT 2 RW 4 Klopogodo, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah

    BalasHapus
  69. Gan mau nanya...water heater langsung ngga nyala masalahnya apa ya gan..water heaternya masih baru..batre baru...tadinya nyala ada percikan api di pematik...di geser sedikit lsg g bisa hidup ...apa mungkin ada kabel yang longgar...tolong di bantu gan

    BalasHapus
  70. bos mau nanya waterhiter gas merk modena ga bs panas pemantik bagus batre bagus itu apnya ya bos mungkin ad solusi bos mksh.

    BalasHapus
  71. minta info gan...
    api langasung menyala tapi ketika pematik telah berhenti api juga langsung ikut mati
    makasih gan

    BalasHapus
  72. minta info gan...
    api langasung menyala tapi ketika pematik telah berhenti api juga langsung ikut mati
    makasih gan

    BalasHapus
  73. mo tanya WH saya merk Wasser beli udah sekitar 2 tahun cuma tukang WC nya gak bisa pasang jadi gak dipake. Sekarang mo dipake e tukang WC nya bilang WH udah rusak, karena apinya gak nyala dan airnya gak panas. Gimana cara cek rusak tidak ya gan. Apakah pasang baterai buat WH saya rusak.

    BalasHapus
  74. Maaf gan mau tanya klo beli water heater rinnai yang tekanan air kecil tapi apinya ga bisa nyala sama sekali,kira2 masalahnya ada dimana ya?

    BalasHapus
  75. Maaf gan punya saya Pematiknya kok bunyi terus ya?
    Solusinya gmna ?

    BalasHapus
  76. tanya gan apa bisa water heater tekanan tinggi di rubah ke low presure

    BalasHapus
  77. Saya pny msalh water heater menyala beberpa detik mati lg.st3lah mengikuti saran bpk cengkolan yg berkaki 2 d shootkan api menyala normal.tetpi setelahbd cek termostatny msh menyala berarti ap yang rusak pak?terimakasih infonya

    BalasHapus
  78. Saya baru beli pemanas air gas merk rinnai yg low pressure. Setelah sayah pasang semua beserta baterai, saya coba buka kran air panas. Air panas tidak menyala. Lampu indikator baterai tidak menyala. Layar monitor suhu tidak menyala juga. Mohon bantuannya

    BalasHapus
  79. Saya pakai modena low pressure, tanpa kran mixing..
    Setting temperatur sudah paling kecil, flow air sudah paling besar, tekanan air sudah cukup..
    Kendalanya, temperatur air terlalu panas..
    Apa ada part seperti kompor dapur yg bisa diputer2 untuk setting besar kecilnya api?
    Atau ada cara lain untuk mengecilkan apinya?

    BalasHapus
  80. Saya pakai heater Paloma, knop di depan sebelah kanan susah diputar, bagaimana perbaikinya supaya bs enteng diputar. Saya sudah semprot pelumas anti karat .tp masih keras juga, tetap tdk bs diputar. Terima kasih infonya pa.

    BalasHapus
  81. Heater panasnya cuma bertahan sebentar, jadi harus matiin dulu kran baru nyala lagi. Paling lama 2 sampe 3 menit. Itu knapa ya? Dan sepertinya ada yg terbakar soalnya di atas keluar gasnya banyak hitam² seperti gaspul yg terbakar. Apa ya?

    BalasHapus
  82. WH bunyi cetek ada percikan api tp api tdk menyala, mhn solusinya?

    BalasHapus
  83. Pemanas air saya kok setelah ga dipakai jd bau gas di kamar mandi ya..
    Merk NIKO, ada bisa bantu?

    BalasHapus